Bagian Fasilitasi Pengawasan, Penganggaran dan Alat Kelengkapan Dewan mempunyai tugas melaksanakan fungsi dukungan penyelenggaraan tugas dan fungsi DPRD bidang penganggaran dan pengawasan serta alat kelengkapan dewan yang menyelenggarakan fungsi  :

  1. pemverifikasi, pengkoordinasian dan pengevaluasi Pokok Pikiran DPRD;
  2. pemverifikasi, pengkoordinasian dan pengevaluasi pembahasan KUA PPAS;
  3. pemverifikasi, pengkoordinasian dan pengevaluasi Pembahasan APBD/APBDP;
  4. pemverifikasi, pengkoordinasian dan pengevaluasi pembahasan peraturan daerah pertangung jawaban keuangan;
  5. pemverifikasi, pengkoordinasian dan pengevaluasi jaringan aspirasi masyarakat;
  6. pemfasilitasi, pengkoordinasian dan pengevaluasi rumusan rapat dalam rangka pengawasan;
  7. pemverifikasi, pengkoordinasian dan pengevaluasi rapat rapat internal DPRD;
  8. Pemfasilitasi pelaksanaan kunjungan kerja DPRD;
  9. pemverifikasi, pengkoordinasian dan pengevaluasi pelaksanaan penegakan kode etik DPRD;
  10. pemverifikasi, pengkoordinasian dan pengevaluasi dukungan pengawasan penggunaan anggaran;
  11. pemverifikasi, pengkoordinasian dan pengevaluasi pengawasan pelaksanaan kebijakan;
  12. pemfasilitasi verifikasi, koordinasi dan evaluasi Daftar Inventarisir Masalah (DIM) terkait dengan pelaksanaan fungsi pengawasan dan penganggaran;
  13. pemfasilitasi pelaksanaan public hearing/dialog terkait dengan pelaksanaan fungsi pengawasan dan penganggaran;
  14. penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan program dan kegiatan DPRD pada bagian pengawasan dan penganggaran;
  15. pemfasilitasi penyusunan laporan kinerja pelaksanaan fungsi pengawasan dan penganggaran;
  16. pemfasilitasi aspirasi masyarakat dan penyusunan pokok – pokok pikiran DPRD;
  17. pemfasilitasi penyediaan tim ahli atau kelompok pakar terkait dengan fungsi pengawasan dan penganggaran;
  18. penyusunan bahan laporan tahunan kegiatan Bagian Pengawasan dan Penganggaran;
  19. penyusunan laporan kinerja di Bagian Pengawasan dan Penganggaran;
  20. pelaksanaan kegiatan ketatausahaan;
  21. pelaporan hasil pelaksanaan tugas; dan
  22. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD