Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo, laksanakan Rapat Paripurna dalam rangka persetujuan dan penetapan Raperda tentang Hak Keuangan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Situbondo, Senin (24/07/2017).

Dalam sambutannya Ketua DPRD Drs. H. A Bashori Shanhaji, M.Si menyampaikan dengan adanya Perda yang mengatur Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, telah mempertimbangkan berbagai hal, dari beban kerja dan tanggungjawab DPRD sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah.

Juga disampaikan dalam Rapat Paripurna tersebut Laporan Badan Pembentukan Perda terhadap Raperda Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD yang dibacakan oleh Fiqi Kristia Vinalosa “keseimbangan antara eksekutif dan legislative sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, agar Raperda tersebut nantinya dapat dilaksanakan dengan baik, maka harus sesuai yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,”.

Lanjutnya, Bapemperda menjelaskan dengan adanya perda ini, merupakan upaya dari DPRD untuk meningkatan kinerja dari seluruh anggota dewan untuk lebih meningkatkan fungsi dan kewenangan DPRD dalam melaksanakan kinerja sebagai wakil rakyat.

“Sesuai prinsip anggaran berimbang, kita tidak bisa membuat perencanaan belanja tanpa didukung sumber pendanaannya. Oleh sebab itu, besaran perubahan tunjangan tersebut, perlu dikaji dan disesuaikan dengan kemampuan Keuangan Daerah Kabupaten Situbondo sehingga dapat diakomodir pada APBD Kabupaten Situbondo dengan tepat,”.

Juga dalam sambutannya Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, SH mengatakan bahwasanya,  Setelah perda ini disetujui, masih ada tahapan meminta Nomor Registrasi, dimana hal tersebut merujuk pada Undang- Undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan. Dan tentunya Perda tersebut yang akan dituangkan dalam Peraturan Daerah dan Keputusan Bupati

“Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada semua Anggota DPRD, yang telah menyetujui raperda ini untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah. Sehingga mari kita terus lanjutkan tugas dan tanggung jawab kita sehingga, dapat mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Situbondo yang kita cintai,”