Visi dan Misi DPRD Kabupaten Situbondo

V I S I

MEWUJUDKAN KABUPATEN SITUBONDO SEBAGAI KABUPATEN YANG MAKMUR DAN BERAKHLAKUL KARIMAH SERTA TERKEMUKA MENUJU MASYARAKAT SITUBONDO YANG ADIL DAN SEJAHTERA.

M I S I
  1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Cerdas, Trampil, Berakhlak Mulia Dan Berdaya Saing Tinggi.
  2. Menjamin Terpenuhinya Kebutuhan Dasar Dan Kualitas Kehidupan Masyarakat Yang Layak Dan Sejahtera
  3. Meningkatkan Fasilitas Dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat
  4. Membina Pemahaman Dan Pengamalan Ajaran Agama Dan Kerukunan Intern Umat Beragama Dan Antar Umat Beragama Dengan Pemerintah
  5. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik, Serta Menciptakan Pemerintahan Yang Bersih Dan Berwibawa
  6. Meningkatkan Peran Masyarakat Luas Dalam Penegakan Hukum Untuk Memberantas Korupsi Serta Mempercepat Reformasi Birokrasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Masyarakat.
  7. Mengembangkan Dinamika Pemuda, Wanita Dan Olah Raga.
  8. Mengembangkan Dan Meningkatkan Kesejahteraan Ketenagakerjaan Dan Transmigrasi Serta Memperluas Penciptaan Lapangan Kerja.
  9. Membangun Infrastruktur Dasar Masyarakat Yang Berkualitas Dan Merata.
  10. Memberdayakan Dan Memperbaiki Sistem Subsidi, Perlindungan Sosial, Perbaikan Pemerataan Dan Penanggulangan / Pengentasan Masyarakat Miskin.
  11. Melaksanakan Revitalisasi Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan, Perikanan, Peternakan Dan Kehutanan Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Petani, Nelayan Dan Peternak.
  12. Menciptakan Iklim Investasi Yang Kondusif, Melakukan Regulasi Yang Menjamin Kemudahan Berusaha Dan Berinvestasi.
  13. Meningkatkan Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Melalui Perbaikan Insentif Untuk Kewirausahaan Dan Akses Bagi Usaha-Usaha Menengah, Kecil Dan Mikro Serta Sektor Riil Lainnya.
  14. Pemanfaatan Pengelolaan Sumber Daya Alam Secara Optimal Dan Berkelanjutan Serta Memberikan Manfaat Yang Sebesar-besarnya Untuk Kesejahteraan Rakyat.
  15. Memantapkan, Memanfaatkan Dan Mengkoordinasikan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Situbondo Dan Melaksanakan Reformasi Sistem Pertanahan Dan Perairan.
  16. Peningkatan / Pembinaan Sistem Politik Keamanan Serta Ketertiban Masyarakat.
  17. Mengelola Kekayaan Budaya Dan Sejarah Serta Mengembangkan Potensi Pariwisata Sebagai Sumber Devisa.